Senin, 17 Januari 2011

Organizational fields (lapangan organisasi)

Ini merupakan konsep yang sangat vital dalam bidang ilmu yang berkaitan dengan proses kelembagaan dan organisasi. Secara umum, fields dapat dipandang sebagai sebuah unit atau level analisis.

Lapangan organisasi berkenaan dengan: (1) bagaimana organisasi bekerja dalam situasi yang ia hadapi, (2) tentang exchange partner, customer, kompetitornya, intermediary actors, bagaimana berhadapan dengan para pengatur (regulator), dengan agen-agen pendanaan, serta (3) bagaimana pengaruh organisasi-organisasi lain kepadanya (organization population). Pada hakekatnya ini adalah tentang ENVIRONMENT of ORGANIZATION. Tentang lingkungan dimana sebuah organisasi hidup, bagaimana ia menghadapinya, menyikapinya, bagaimana mengambil manfaat dari kondisi yang ada. Lebih kurang demikian. Berkenaan dengan local social order yang ada dan melingkupinya.

Konsep yang agak dekat dengan OF adalah organization set dan organization population.

Ada beragam fields yang dihadapi organisasi, mulai dari lingkungan berjiwa pasar ke policy domains, serta yang less structured dan more contested arna for struggle. Konsep field menjembatani organisasi dengan dunia yang lebih luas, dengan struktur makro, dengan lingkungan transnasional, dst. Menurut DiMaggio (1986), OF telah lahir sebagai unit penting yang menghubungkan organisasi dengan level masyarakatnya.

*****

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar